Jelang Peringatan Malam Satu Suro ,Kapolres Kediri Melakukan Pengecekan Di Petilasan Desa Menang Kecamatan Pagu

Tribratanewskediri.com Menjelang peringatan malam satu Suro atau 1 Muharram dalam kalender Islam, Polres Kediri menerjunkan sebanyak 300 personil. Personil itu diterjunkan untuk pengamanan kegiatan masyarakat dalam kegiatan satu suro di wilayah hukum Polres Kediri.

“Kami dari Polres Kediri menerjunkan 300 personil untuk melakukan pengamanan kegiatan satu Suro,” tutur Kapolres Kediri AKBP Erick Hermawan, Jumat (7/9).

Tanggal 1 Suro itu atau 1 Muharram itu jatuh pada tanggal 11 bulan September hari Selasa mendatang. Para personil itu akan melakukan pengamanan yang ada di wilayah Kabupaten Kediri.

Salah satunya di Desa Menang, Kecamatan Pagu setiap tanggal satu Suro selalu mengadakan upacara satu Suro.

Bahkan peringatan satu suro di Desa Menang, Kecamatan Pagu sudah menjadi kalender wisata tahunan. Ribuan masyarakat dari berbagai daerah menyaksikan arak arakan pusaka.

Selain itu mereka juga Di tempat muksa Prabu Sri Aji Joyoboyo raja Kediri yang merupakan Raja Kediri memerintah sekitar tahun 1135-1157 itu, Polres Kediri menyediakan 150 personil.

Mereka disiagakan mulai dari malam satu suro hingga pelaksanaan arak arakan yang akan berlangsung Selasa (11/9).

“Di malam satu Suro dan upacara satu Suro di Desa Menang kami menyiapkan 150 personil untuk pengamanan,” jelas AKBP Erick.

Sisanya, 150 personil Polres Kediri ditempatkan di wilayah hukum Polres Kediri yang mengadakan kegiatan peringatan satu Suro. Tidak hanya itu, Polres Kediri juga melakukan peningkatan kegiatan patroli keliling dalam pengamanan tersebut.

“Kami akan meningkatkan patroli keliling. Sehingga pelaksanaan satu Suro berjalan dengan aman dan lancar serta kondusif,” tegas AKBP Erick.

You may also like...