Kapolres Kediri Himbau Santri Untuk Tangkal Radikalisme

Tribratanewskediri.com Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Kediri menggelar apel bersama untuk memperingati hari santri nasional yang jatuh pada 22 oktober. Dalam apel bersama ini, ada pertunjukkan seni bela diri dan atraksi ilmu kebal oleh para santri yang tergabung dalam perguruan silat Pagar Nusa.

Apel hari santri nasional tahun 2018 ini berlangsung di Lapangan Canda Bhirawa, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Seluruh santri mengenakan pakaian khas mereka, berupa sarung  dan peci.

Sementara apel dipimpin oleh ketua pengurus cabang nahdlatul ulama Kabupaten Kediri H. Djazuli Muhammad Ma’mun.Dalam apel bersama ini dibacakan ikrar Santri Indonesia. Ikrar tersebut berisi tentang kesetiaan santri kepada Bangsa Indonesia.

Apel sendiri berjalan seperti pada umumnya pembacaan pancasila, pembukaan undang-undang dasar tahun 1945 dan diakhiri menyanyikan lagu yalal waton. Diakhir apel, pertunjukkan seni bela diri dan atraksi ilmu kebal oleh para santri yang tergabung dalam perguruan silat Pagar Nusa.

H. Djazuli Muhammad Ma’mun mengungkapkan santri harus bisa menempatkan diri kepada hal kebaikan dalam situasi apapun. Saat ini santri dituntut harus bisa mengembangkan dan membangun bangsa lebih baik, baik dalam bidang ekonomi dan mendorong pemerintah dapat mengayomi seluruh bangsa Indonesia.

“Di era modern ini  para santri memiliki banyak tantangan salah satunya adalah kemajuan di bidang teknologi. Mereka dituntut untuk meningkatkan kapasitas diri dan sumberdaya yang dimiliki,” ungkapnya.Sementara itu kepolisian menitipkan pesan santri sebagai pilar bangsa untuk hati hati di tengah gencarkan peredaran informasi hoax dan kejahatan ITE.

Selain itu pihak kepolisian juga mengajak para santri untuk bergandeng tangan menangkal paham radikalisme.“Kita berharap polri dan santri dapat lebih  bersinergi dalam memberikan informasi terkait paham radikalisme untuk menjaga keutuhan NKRI. Bersama Santri Damailah Negeri Ku,” tegas Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal.

You may also like...