Mekanisme Penerbitan SIM Di Satlantas Polres Kediri

Tribratanewskediri.com Berikut mekanisme penerbitan SIM baru Golongan SIM A, C dan D perseorangan yang diterbitkan oleh Satpas Satlantas Polres Kediri.

  1. Mengisi kelengkapan administrasi seperti peserta uji SIM melampirkan KTP, surat keterangan dokter, bukti pembayaran PNBP SIM dan isi formulir permohonan penerbitan SIM.
  2. Setelah itu masuk ke tahap ke-2 atau masuk ke proses ujian SIM seperti uji teori uji simulator dan uji praktik. Jika tidak lulus dianjurkan untuk mengulang dengan tenggang waktu paling lama 7 hari dan tenggang waktu kedua paling lama 14 hari.
  3. Tahap ke-3 yakni proses penyelesaian dimana memverifikasi data, sidik jari, tanda tangan dan pas foto. Setelah itu proses selanjutnya mencetak SIM, penyerahan SIM dan pengarsipan seperti penyerahan berkas SIM ke Min Arsdok.

Adapun biaya penerbitan SIM itu sendiri, sesuai dengan PP RI No. 60 Tahun 2016 Tanggal 2 Desember 2016  Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara bukan Pajak yang Berlaku pada Polri (PNBP), adalah sebagai berikut.

  • Untuk SIM A Rp 120 ribu, perpanjang Rp 80 ribu, SIM BI Rp 120 ribu dengan perpanjang Rp 80 ribu, SIM BII Rp 120 ribu dan perpanjangan Rp 80 ribu, SIM C Rp 100 ribu dengan perpanjangan Rp 75 ribu, SIM D Rp 50 ribu dengan perpanjangan Rp 30 ribu.

You may also like...