Polsek Kandat Polres Kediri Laksanakan Pengamanan Kirab Tumpeng Raksasa

Tribratanewskediri.com Polsek Kandat Polres Kediri melaksanakan pengamanan acara kirab tumpeng raksasa dalam rangka rangkaian “Bersih Desa” yang di gelar Pemerintahan Desa Kandat Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. (28/9)

Dalam kegiatan tersebut, Polsek Kandat menerjunkan 10 personil dengan back up 5 personil dari Koramil Kandat, personil Mitra Polisi Kandat dan panitia.

Fokus pengamanan di titik beratkan pada kelancaran arus lalu lintasmengingat rute yang di lalui melintas jalan raya Kediri – Blitar.

Mengiringi puluhan tumpeng tersebut terdapat rombongan Kepala Desa berikut perangkatnya serta warga Desa Kandat Kecamatan Kandat yang berdandan memakai pakaian tradisonal.

Puluhan tumpeng tersebut di berangkatkan dari rumah Kepala Desa Kandat dan selanjutnya diarak hingga sampai di punden sumber Pucung Desa Kandat, tempat prosesi inti dilaksanakan.

Perlu diketahui, kegiatan bersih desa ini merupakan agenda rutin yang digelar warga Desa Kandat Kecamatan Kandat setiap tahunnya yang bertujuan sebagai wujud syukur warga kepada Allah SWT, yang telah memberikan banyak kenikmatan. Disamping itu acara adat ini sebagai wujud kebersamaan masyarakat melalui pelestarian budaya.

Filosofi dari tumpeng yang berisi hasil bumi, adalah bentuk berkah dari sang maha kuasa yang perlu untuk disyukuri. Warga Desa Kandat berharap agar diberikan panen yang berlimpah dan dijauhi dari penyakit.

Prosesi kirab tumpeng tersebut berakhir di punden sumber Pucung, lokasi prosesi inti acara bersih desa di Desa Kandat, yang mana selanjutnya dilaksanakam acara selamatan yang dihadiri Forkopimca Kecamatan Kandat, Tiga Pilar Kamtibmas Desa Kandat, tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan warga Desa Kandat Kecamatan Kandat.

Waka Polsek Kandat Ipda Gawik Wahyuti yang hadir mewakili Kapolsek Kandat menerangkan, bahwa melalui kegiatan ini diharapkan rasa persaudaraan dan kebersamaan masyarakat kian terjalin dengan baik.

“Semoga dengan terselenggaranya acara ini warga semakin sadar tentang kebudayaan dan adat istiadat setempat, dan kami dari pihak Kepolisian selalu siap memberikan pelayanan dalam bentuk pengamanan pada setiap kegiatan masyarakat” tuturnya. (gix)

You may also like...