Tekan Fatalitas Laka Lantas, Satlantas Polres Kediri Launching Program SIPEKA

Tribratanewskediri.com Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kediri melaunching inovasi program Sistem Terpadu Penanggulangan Fatilitas Korban Laka Lantas (SIPEKA) di Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri, Rabu (28/2/2018).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) inovasi SIPEKA ini dilakukan bersama Pemkab Kediri, Jasa Raharja, Rumah Sakit, BPJS dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri serta media.

Kapolres Kediri, AKBP Erick Hermawan menjelaskan adapun program SIPEKA ini bertujuan supaya masyarakat lebih peduli dan peka terhadap penanganan pertama di lokasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Hal itu Sesuai UU Nomor 2 Tahun 2009 tentang lalu lintas bahwa masyarakat wajib melakukan pertolongan dan melaporkan adanya kecelakaan lalu lintas ke pihak kepolisian.

“Kita ingin mengurangi fatalitas dari korban kecelakaan yang ada. Program SIPEKA ini kita menggandeng berbagai instansi terkait” jelas Kapolres Kediri AKBP Erick Hermawan.

Kapolres Kediri memaparkan berdasarkan UU lalu lintas rancangan 2011-2020 itu adalah tahun keselamatan pihaknya menindaklanjuti dengan adanya SIPEKA ini.

“Adapun, program SIPEKA ini merupakan  kerjasama lintas sektoral yang menangani pelaporan pertama kecelakaan,” ungkapnya.

Dengan adanya program SIPEKA dari Satlantas Polres Kediri pihaknya turut bekerjasama dengan lintas sektor dan lainnya untuk mewujudkan program Sistem Terpadu Penanggulangan Fatilitas Korban Laka Lantas (SIPEKA).

 

You may also like...