Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Polres Kediri Gunakan Command Center

img-20161026-wa0118

Tribratanewskediri. Demi mewujudkan dan meningkatkan Kabupaten Kediri sebagai wilayah yang aman, tentram dan nyaman terhindar dari kejahatan, Polres Kediri menggunakan command center yang terpusat di Polres Kediri.

Dalam uji coba Command Center dan juga terpadu dalam aplikasi Jangka Joyoboyo, Wakapolres Kediri Kompol Yakhob Silviana dan juga Kasat Reskrim Polres Kediri AKP M. Aldy Sulaiman memantau langsung melalui layar monitor besar.

“Kami sudah memasang kamera CCTV yang terpasang di berbagai titik rawan kejahatan. Jadi kami bisa memonitor secara langsung aktivitas kegiatan masyarakat, ” tutur Wakapolres Kediri Kompol Yakhob Silviana, Selasa (25/10).

img-20161026-wa0117

Uji coba itu, Polres Kediri langsung memonitor aksi unjuk rasa para dokter yang tergabung dalam ikatan dokter indonesia (IDI) menolak program pendidikan dokter layanan primer (DLP) di monumen Simpang Lima Gumul.

“Melalui layar monetor besar ini, kami bisa melihat berbagai lokasi umum, kawasan rawan kejahatan, lokasi rawan macet dan kecelakaan lalu-lintas, ” jelas Wakapolres Kediri.

Ruang command center ini terdapat dengan sembilan titik kamera CCTV dan juga aplikasi baru andalan Polres Kediri yaitu, jangka joyoboyo. Keunggulan dari kamera CCTV milik Polres ini dapat berputar sejauh 360 derajat dan dapat diperbesar hingga 30 kali zoom. Selain itu, aplikasi jangka joyoboyo sendiri terpadu dengan aplikasi lain berupa elektronik tilang atau e-tilang, elektronik tindak pidana ringan dan juga elektronik sidik.

“Pendirian ruang command center merupakan gagasan dari Bapak Kapolres Kediri dalam mendukung program kabupaten kediri pintar atau smart city, ” terangnya.

Diharapkan, dengan adanya pusat pengendali baru ini dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang akan membuat laporan, memangkas birokrasi yang panjang serta mendeteksi semua kejadian dengan cepat.

“Berdirinya ruang command center ini tidak dapat berfungsi secara optimal tanpa dukungan masyarakat. Polres berharap masyarakat ikut serta membantu kepolisian dengan cara menghubungi call center yang sudah tersebar, apabila menemukan tindak kejahatan di jalanan, ” ungkap Wakapolres Kediri.

You may also like...